Kenikmatan Rendang lokan Khas Daerah Mukomuko


assalamualaikum wr.wb

Selamat datang di blog tercinta ini. Berbagai informasi dapat saudara temukan di blog ini. mudah mudahkan berguna dan dapat membantu bagi  saudara saudara sekalian. saya selaku admin dan penulis  berterimakasih karena telah mengunjungi blog ini. :)



Rendang merupakan makanan kuliner khas Sumatra barat yang sangat diminati oleh masyarat indonesia. Bahkan masakan ini sekarang telah menjadi masakan kuliner yang mendunia. Rendang memiliki banyak jenis dan yang salah satunya adalah yang akan kita bahas sekarang yaitu rendang lokan. Rendang lokan termasuk makanan khas Sumatra barat . Namun, tidak hanya disumatra barat saja kita dapat menemukannya, karena  Rendang ini memiliki khas yang berbeda beda disetiap daerahnya. Baik itu dalam pemprosesannya ataupun bentuk hidangannya. Salah satunya yaitu rendang lokan khas dari mukomuko yang merupakan salah satu makanan kuliner yang banyak diminati oleh masyarakat.

Sesuai namanya, rendang lokan ini berbahan dasar kerang yang umumnya berasal dari jenis kerang hijau atau dalam bahasa latin dikenal dengan Perna viridis L. Sebelum diolah, daging kerang ini memiliki warna kuning pucat. Namun, ketika dimasak atau dipanaskan, warna daging akan berubah menjadi oranye kemerahan.

Dimukomuko rendang lokan ini sudah ada sejak lama yang secara turun temurun tetap bertahan hingga saat kini. Banyak dari anggota keluarga yang ada dimukomuko  masih mengerti cara memasak masakan kuliner ini. Kenikmatan dari daging lokan dan bumbu bumbu rahasia yang menciptakan kenikmatannya membuat masakan kuliner ini telah banyak dikenali oleh masyarakat sekitar bahkan telah mencakup luar daerah mukomuko. Bukannya ini hebat !!  


Makanan kuliner ini pada saat ini mudah untuk kita temukan karena sebagian besar rumah makan yang ada dimukomuko atau diluar daerah mukomuko menempatkan makanan ini sebagai menu utama dalam menu makanan mereka.  Kita sebagai penerus jangan sampai melupakan masakan kuliner ini. Walaupun makanannya tradisional, cita rasanya itu harus tetap kita jaga agar makanan ini tetap bertahan dan jangan sampai masakan ini malah dicuri oleh pihak lain yang menganggap masakan ini milik mereka. karena kita lupa dan tidak perduli lagi dengan masakan yang penuh cita rasa ini.  

terima kasih telah berkunjung . semoga informasi yang saya berikan dapat berguna bagi saudara sekalian. :)

wassalamualaikum wr.wb
Share on Google Plus

1 comment: